Rabu, Juni 16, 2010

SIMPLE PAST TENSE


Sekarang kita akan membuat kalimat SIMPLE PAST TENSE, kalimat bentuk lampau yang sederhana. Dalam kalimat ini, yang ditekankan adalah KETERANGAN WAKTU. Misalnya, Saya makan bakso kemarin, Ibu membeli jeruk tadi malam, dll. Dalam kalimat ini, kita menggunakan SUBYEK ditambah VERB 2. Untuk lebih jelas tentang VERB atau kata kerja, silakan lihat di sini.  Dalam kalimat SIMPLE PRESENT TENSE, untuk semua SUBYEK kata kerjanya sama yaitu VERB 2. Jadi setelah SUBYEK  kitambahkan VERB 2. Jadi deh. Sekarang saya beri contoh ya?
1.      I went to USA last week.
2.      She studied English last month.
3.      They bought a new house two months ago.
4.      You called me yesterday.
Aduh gampangnya….Oh ya, jangan lupa ya untuk menghafalkan IRREGULAR VERBS. Karena kata-kata itu akan sangat kita perlukan dalam membuat kalimat. Kalau nggak hafal, gimana dong buat kalimatnya? Ya kan?
Nah, untuk membuat kalimat NEGATIVE kita tidak menggunakan VERB 2 lagi. Ingat ya, TIDAK MENGGUNAKAN VERB 2.  Jadi untuk membuat kalimat NEGATIVE  caranya kita buat SUBYEK tambahkan DID NOT (DIDN’T) lalu tambahkan VERB 1. Mau contoh kalimatnya?
1.      I didn’t go to USA last week.
2.      She didn’t study English last month.
3.      They didn’t buy a new house two months ago.
4.      You didn’t call me yesterday.
Yang terakhir, kita akan membuat kalimat INTERROGATIVE. Mudah-mudahan bisa ya? Ini contohnya:
1.       Did you go to USA last week?
Yes, I did/No, I didn’t
2.      Did she study English last month?
Yes, she did/No, she didn’t
3.      When Did they buy a new house?
Two months ago
4.      Why did you call me yesterday?
Because I miss you
Sekarang sudah jelas, kan? Anda bisa latihan  membuat kalimat. Usahakan setiap latihan anda membuat minimal 5 kalimat dengan 5 kosa kata yang baru.kalau dilatih terus menerus, pasti kebodohan akan hengkang dari diri kita. Kalau anda sudah mahir we will come to the next lesson: past continuous tense.

1 komentar:

  1. sip deh kalo belajar bahasa inggris ky gini mungkin bs rada2 mudng

    BalasHapus