Minggu, Juni 13, 2010

Penggunaan this, that, these, dan those


Ini adalah postingan pertama saya. Saya ingin mengajak Anda yang ingin belajar bahasa Inggris untuk belajar bersama-sama dalam blog ini. Saya ingin menyajikan pelajaran dari tingkat yang paling dasar, sehingga akan mudah dipelajari bagi yang tidak bisa sama sekali atau sudah lupa dengan pelajaran bahasa Inggris.
Untuk hari pertama, kita akan belajar dengan yang paling sederhana, yaitu:
1.       This    = ini dan that    = itu   > untuk benda tunggal (jumlahnya cuma satu)
2.       These = ini dan those = itu > untuk benda jamak (jumlahnya lebih dari satu)
Kayaknya hampir setiap hari, ya kita menggunakan kata ini dan itu. Nah, gimana kalau sekarang kita menerapkannya dalam bahasa Inggris. Kalau dari hal yang paling sederhana ini Anda konsekuen mempraktekkannya, insyaallah Anda pasti bisa. Oke  kembali ke penggunaan ini dan itu dalam bahasa inggris. Saya akan langsung memberikan contoh, ya?
A.Kata ini atau itu yang digunakan di awal kalimat.
1.       Ini adalah rumah saya / This is my house.
2.       Itu adalah sepeda saya / That is my bicycle.
3.       Ini adalah buku-buku saya / These are my books.
4.       Itu adalah majalah-majalah saya / Those are my magazines.
Nah, itu adalah penggunaan this, that, these, dan those dalam kalimat positive. Bagaimana kalau kita akan membuat menjadi kalimat negative? Gampang sekali, kita tinggal meletakkan NOT setelah THIS/THAT/THESE/THOSE. Kita buat contohnya, ya?
1.       Ini (adalah) bukan rumah saya / This is not my house.
2.       itu (adalah) bukan sepeda saya / That is not my bicycle.
3.       Ini (adalah) buku-buku saya / These are not my books.
4.       Itu (adalah) bukan majalah-majalah saya / Those are not my magazines.
Sekarang kita akan membuat kalimat interrogativenya.
1.       Apaka ini rumah saya / Is this my house?
2.       Apaka itu  sepeda saya / Is that my bicycle?
3.       Apakah ini buku-buku saya / Are these my books?
4.       Apakah itu majalah-majalah saya / Are those my magazines?
B. Kata ini/itu yang digunakan sebagai object dan biasanya terletak diakhir kalimat. Di sini kata this/that digunakan dalam simple sentence atau kalimat sederhana.
1.       Aku suka ini / I like this.
2.       Dia benci itu / He hates that.
3.       Aku suka yang ini / I like this one.
4.       Dia benci yang itu / She hates that one.
Coba perhatikan contoh di atas. Untuk Subject She, he, dan it, HARUS ditambahkan S dalam kata kerja.
sekarang membuat kalimat negativenya, Sedangkan untuk this, that, these, dan those di akhir kalimat seperti contoh di atas, kita harus menggunakan kata bantu DO/DOES baru kita tambahkan NOT setelahnya. Misalnya:
1.       Aku tidak suka ini / I don’t like this.
2.       Dia tidak benci itu / He doesn’t hate that.
3.       Aku tidak suka yang ini / I don’t like this one.
4.       Dia tidak benci yang itu / She doesn’t hate that one.
Untuk SUBJECT they, we, I, you kita menggunakan DO + NOT (bisa disingkat DON’T)                                Untuk SUBJECT she, he, it kita menggunakan DOES + NOT (bisa disingkat DOESN”T).
Dalam membuat kalimat interrogative, kita tinggal meletakkan DO/DOES sebelum SUBJECT. Misalnya:
1.       Apakah kamu suka ini / Do you like this.
2.       Apakah dia benci itu / Does he hate that.
3.       Apakah kamu suka yang ini / Do you like this one.
4.       Apakah dia benci yang itu / Does she hate that one.
Oke, kiranya cukup jelas, kan? Ingat, ya, dalam belajar bahasa, kuncinya adalah latihan. Semakin sering kita berlatih, maka kita akan semakin cepat untuk menguasainya. Dan, rajin-rajinlah buka kamus tentu saja. Sampai jumpa pada pelajaran selanjutnya.


17 komentar:

  1. Sekarang pertanyaannya, termasuk kelompok kata apakah this, that, those, dan these?

    BalasHapus
    Balasan
    1. this, that,these dan those merupakan demonstrative pronouns atau kata ganti penunjuk atau juga merupakan bagian dari pronouns (kata ganti).

      Hapus
  2. mw nanya itu huruf S d kata kerja kalimat negativ knpa jd ga di kasih...berharap di jelasin lg. Thanks sbelum'y

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam kalimat negative ataupun interrogative,kata kerja untuk subjek she,he dan it tidak di tambah s/es. penambahan s/es hanya d gunakan dalam kalimat positive saja.sebagai gantinya d gunakanlah kata does d awal kalimat dalam interrogative ataupn doesn't dalam kalimat negative.

      Hapus
    2. terimakasih mbak vie,,, boleh minta langkah-langkah dan game mengajarnya gak,, terimakasih

      Hapus
  3. Kata kerja ga dikasi S, tapi untuk she he it "do" ditambah "es" jadi "does"

    BalasHapus
  4. saya menceritakan sekelompok pekerjaan rumah seperti washing, cooking, and cleaning the house, untuk meyebut pekerjaan rumah diatas, menggunakan these, those atau its????

    BalasHapus
  5. kira kira this, that, those,these ada hubungannya ga sama keterangan waktu?

    BalasHapus
  6. wah... Anda luar biasa

    BalasHapus
  7. Thanks bro, i hope your posted useful for all people the need science.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. mam... beda nya penggunaan this di akhir kalimat dengan penggunaan it diakhir alimat, bagaimana cara membedakan pemakaiannya?

    BalasHapus