Rabu, Juni 16, 2010

PRESENT CONTINUOUS TENSE


Sebelum mempelajar PRESENT CONTINUAUS TENSE, anda harus menguasai simple present tense dulu ya? Supaya nggak tambah bingung he he.
PRESENT CONTINUOUS TENSE adalah kalimat untuk menyatakan sesuatu yang sedang terjadi, misalnya, Saya sedang mengetik, Kamu sedang belajar bahasa Inggris, Kamu sedang membaca, Adik sedang makan, dll. Pokoknya sesuatu yang sedang terjadi, kita ucapkan denan PRESENT CONTINUOUS TENSE. Bagaimana caranya? Gampang kok. Yang kita butuhkan adalah SUBYEK+ TO BE (am, is, are) + VERB Ing. Untuk I am, untuk SHE, HE dan IT is, sedangkan untuk THEY, WE, YOU are. Contohnya:
1.      I am watching television.
2.      She is reading a novel.
3.      They are playing game.
4.      You are learning English.
Gampang, kan? Cuma itu aja lo. Nah sekarang kita akan membuat kalimat NEGATIVE. Itu berarti kita akan mengatakan sesuatu yang tidak sedang dilakukan.  Caranya, kita tinggal menambahkan NOT setelah TO BE. Contohnya:
1.      I am not watching television.
2.      She is not reading a novel.
3.      They are not playing game.
4.      You are not learning English.
It’s very easy, right? Setelah mahir membuat kalimat negative, sekarang kita akan lanjutkan dengan kalimat INTERROGATIVE atau kalimat Tanya. Pertama kita akan buat YES/NO QUESTIONS, contohnya:
1.      Am I eating?
Yes, you are/No, you are not.
2.      Is she calling you?
Yes, she is/No, she isn’t
3.      Are they learning English?
Yes, they are/No, they aren’t
4.      Are you studying English right now?
Yes, I am/No, I am not
Ternyata guampang banget ya? Kalau kata anak saya, “Ini mah, ginciiil.” Bagaimana kalau kita buat pertanyaan dengan WH-Questions? Kita tinggal meletakkan WH-Questions di depan TO BE. Contohnya:
1.      What are you doing?
I am learning present continuous tense.
2.      Where are you learning English?
I am learning English in Online College.
3.      Who is teaching you?
A beautiful teacher.
Ternyata gampang ya? Ok, sekarang anda anda bisa membuat kalimat PRESENT CONTINUOUS TENSE sendiri. Kalau anda sedang melakukan sesuatu, katakana saja dalam bahasa Inggris. Ingat! Jangan takut membuat kesalahan. Don’t worry to make mistake. Ok guys, see on next lesson present perfect tense.
Ohya, sekedar untuk catatan, dalam semua tenses yang mengandung unsur CONTINUOUS, kita akan selalu menggunakan VERB-Ing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar