Rabu, Juni 16, 2010

PRESENT PERFECT TENSE


Setelah mahir present tense dan present continuous tense, sekarang kita akan belajar tentang present perfect tense. Ingat ya, untuk menguasai bahasa Inggris kita harus rajin berlatih. Pokoknya berlatih, berlatih, dan berlatih. Praktek, praktek, dan praktek. Perlu diketahui, dalam  tenses yang PERFECT TENSE, kita akan selalu menggunakan VERB 3.
PRESENT PERFECT TENSE dipakai untuk menyatakan sesuatu yang sudah terjadi dan sekarang sudah selesai, tidak terjadi lagi. Misalnya: Saya sudah makan, Saya sudah selesai, Saya sudah mengajar anda selama 3 bulan (sekarang saya sudah tidak mengajar anda lagi). Dalam kalimat ini kita menggunakan SUBYEK + have/has +V3. Ingat yang kita pelajari pada kata kerja. Untuk melihat daftar IRREGULAR VERBS anda bisa lihat di sini.
Untuk THEY, WE, I, YOU kita tambahkan HAVE + VERB 3 (Past participle),contohnya:
1.      They have eaten/Saya sudah makan
2.      We have lived in Jakarta for 3 years/Kita telah tinggal di sini selama 3 tahun
3.      I have seen him/Saya telah melihatnya
4.      You have known/Kamu sudah tahu
 sedangkan untuk SHE, IT, HE, kita tambahkan HAS + verb 3 (Past participle).Contohnya:
1.      She has selesai/Dia sudah selesai
2.      The cat has died/Kucing itu telah mati
3.      He has passed the examination/Dia sudah lulus ujian
Jadi, dalam kalimat PRESENT PERFECT TENSE, yang kita tekankan adalah SUDAH/TELAH. Di sini kita tidak menggunakan waktu lho. Ingat ya, JANGAN MENGGUNAKAN KETERANGAN WAKTU LAMPAU pada PRESENT PERFECT TENSE. Karena yang di tekankan di sini adalah pada SUDAH/TELAH suatu kejadian.
Bagaimana dengan kalimat NEGATIVE DAN INTERROGATIVE-nya? Sebenarnya polanya hamper sama dengan pola yang ada dalam simple present tense atau present continuous tense. Dalam membuat kalimat NEGATIVE, NOT di letakkan setelah HAVE/HAS. Contohnya:
1.      I have not finished my work/Saya tidak menyelesaikan pekerjaan saya
2.      She has not eaten.
3.      They have not collected their files.
Kata HAVE NOT/HAS NOT bisa di singkat menjadi HAVEN’T/HASN’T. Untuk membuat kalimat yang berarti BELUM, kita tinggal menambahkan kata YET di belakang kalimat. Contohnya:
1.      I haven’t finished my work yet/Saya belum menyelesaikan pekerjaan saya.
2.      She hasn’t eaten yet.
3.      They haven’t collected their files yet.
Ternyata segampang itu? Ok, sekarang kita akan membuat kalimat INTERROGATVE ya?
1.      Have you finished your work?
Yes, I have/No, I haven’t/Not yet
2.      Has she eaten?
Yes, he has/No, he hasn’t/Not yet
3.      Where have you finished your study?
University of Lampung
Kalau sudah, sekarang tinggal latihan ya? Saya harap anda semua bisa konsisten untuk latihan sendiri. Yaaah, minimal membuat 5 kalimat per hari dengan lima kata yang baru. Semoga kita cepat menguasai bahasa Inggris asyik kan? Praktek, praktek, dan praktek. Kalau sudah mahir kita bisa melanjutkan pada the next lesson present perfect continuous tense. Terima kasih ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar