Kamis, Juni 17, 2010

PAST CONTINUOUS TENSE


Mudah-mudahan anda sudah menguasai simple past tense ya?. Masih ingat dengan kata-kata ini: Dalam semua tenses yang mengandung unsur CONTINUOUS, kita akan selalu menggunakan VERB-InG. Nah, karena dalam kalimat ini ada continuousnya, jadi pasti ada VERB-INGnya. Dalam kalimat ini kita akan menggunakan SUBYEK ditambah TO BE (untuk TO BE bentuk lampau adalah was/were) ditambah VERB Ing. Oh ya, PRESENT CONTINUOUS TENSE ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang sedang terjadi pada waktu lampau. Contohnya: Saya sedang menonton pada jam 5 sore kemarin, Saya sedang tidur ketika kamu datang, Ketika saya panggil, dia sedang menonton TV. Sekarang kita buat contohnya dalam bahasa Inggris ya?
1.      I was sleeping when you came.
I was sleeping (present continuous tense) when you came (simple past tense). I was sleeping (sedang terjadi) when you came (kemudian kejadian lain terjadi). Nggak bingung, kan?
2.      You were watching television at 5 o’clock yesterday (Pada jam 5 kamari, kamu SEDANG menonton TV)
3.      When I called him, he was eating sate.
Perhatikan saja pola kalimat di atas, kemudian buatlah kalimat sendiri. Dengan latihan terus menerus, saya yakin anda pasti bisa. Coba sekarang kita buat contoh kalimat NEGATIVE dan INTERROGATIVE.
1.      I was not sleeping when you came/Saya tidak sedang tidur ketika kamu datang.
2.      Were you sleeping when I came?/Apakah kamu sedang tidur ketika saya datang?
Yes I was/No I wasn’t
3.      Where were you sleeping when I came?/Di mana kamu sedang tidur ketika saya datang?
In my brother’s room
Nah, itu tadi contoh-contoh PAST CONTINUOUS TENSE. Sekarang anda bisa berlatih membuat kalimat –kalimat itu dengan kata-kata yang baru. Hitung-hitung sambil menambah kosa kata, gitu. After mastering this tense, so you are ready to go to the next tense; past perfect tense.

1 komentar: