Senin, Juni 14, 2010

KATA KERJA / VERBS


Sebelum mulai mempelajari tenses, sebaiknya kita memahami kata kerja dalam bahasa inggris. Kata kerja ini disebut VERB. Mengapa? Karena inti dari tenses itu ada pada sesuatu yang bernama VERB itu. Ibarat sebuah benda, Verb itulah yang otak-atik. Kalau VERBnya udah betul, yang lain mah ikut aja he he. Di dalam bahasa inggris, kita mengenal 2 macam VERB, yaitu REGULAR VERB (kata kerja beraturan) dan IRREGULAR VERB (kata kerja tak beraturan).
REGULAR VERB
REGULAR VERB adalak kata kerja beraturan. Maksudnya? Kata-kata kerja yang mematuhi peraturan yang normal (pada umumnya yang bentuk lampaunya dibentuk dari Verb 1 (disebut juga INFINITIVE) dengan tambahan ed atau d). Pada umumnya kata kerja dibagi 3, yaitu VERB 1 (INFINITIVE), VERB 2 (PAST TENSE) dan VERB 3 (PAST PARTICIPLE). Contoh dalam REGULAR VERB adalah:
Verb 1(Infinitive)                     = add
Verb 2 (Past Tense)                = added
Verb 3 (Past Participle)           = added
Pada umumnya untuk membentuk Verb 2 dan Verb 3, kita menambahkan ed pada Verb 1 (seperti saya contohkan di atas). Tetapi, ada kata-kata tertentu yang aturanya berbeda, yaitu:
1.      Jika kata tersebut berakhiran vocal (huruf hidup) , maka tambahkan d saja. Misalnya:
Verb 1 = advise
Verb 2 = advised
Verb 3 = advised
2.      Jika kata terebut berakhiran huruf y yang didahului oleh konsonan ( huruf mati), maka y diganti dengan I, lalu ditambah –ed. Misalnya:
Verb 1 = cry
Verb 2 = cried
Verb 3 = cried
3.      Kalau kata tersebut berakhiran huruf mati yang didahului oleh sebuah huruf hidup, maka huruf mati yang terakhir itu digandakan, lalu ditambah –ed. Misalnya:
Verb 1 = rob
Verb 2 = robbed
Verb 3 = robbed
4.      Kalau kata tersebutberakhiran huruf mati c yang didahului oleh huruf hidup, maka konsonan c itu harus diikuti oleh huruf k, baru ditambahkan –ed. Misalnya:
Verb 1 = mimic
Verb 2 = mimicked
Verb 3 = mimicked
Nah, itu adalah tentang kata kerja. Supaya jelas, bacalah berulang-ulang. Enjoy your learning!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar